Tutorial

Manfaat dan Kerugian Menggunakan Media Sosial

Di abad ini siapa sih yang belum tahu yang namanya Facebook, Twitter, atau Instagram ?? Ketiga platform media sosial ini adalah yang paling banyak digunakan diseluruh dunia. Jika anda belum tahu atau belum punya akun di jejaring sosial tersebut, berarti anda masih kalah dengan anak kelas 1 (satu) sekolah dasar (SD). Karena jaman milenial saat ini, anak kelas 1 SD saja sudah punya akun instagram yang memiliki lebih dari 10 ribu followers lho.

Saya saja yang sudah hampir 9 tahun memiliki akun Twitter, sampai sekarang followers saya tidak lebih dari 300 followers. Atau Instagram saya yang tidak lebih dari 700 followers. Gk percaya? Lihat aja nih akun Instagram saya @irwan_sitorus, twitter @irwansyahaha.

Jaman sekarang, internet adalah suatu kebutuhan yang vital dan bisa dibilang kebutuhan primer. Pekerjaan, mencari informasi dan santai bermain game online serta mencari hiburan semua bisa di akses via Internet. Apalagi jejaring sosial, kita dapat berinterkasi kepada sesama penggunana jejaring sosial di seluruh dunia.

Namun jika kita melihat dari sudut pandang manfaat dan kerugian menggunakan media  sosial, ada beberapa sisi positif dan negatifnya. Berikut pemaparan positif dan negatifnya.

Di tinjau dari sisi Social : 

-Sisi Positif : Anda  bisa mencari teman, buat yang masih jomblo mencari pasangan juga bisa. Asal semuanya dimulai dengan positif thinking dan dengan tujuan yang baik.

-Sisi Negatif : Banyak juga kasus penipuan, penculikan maupun pemerkosaan yang mengatasnamakan jejaring sosial, bahkan isu hoax yang lagi marak beredar saat ini.

Di tinjau dari sisi Pengetahuan: 

-Sisi Positif : Anda juga dapat mencari tahu informasi terbaru yang ada saat ini baik informasi lokal maupun informasi dunia.

-Sisi Negatif : Sebagian pengguna jejaring sosial juga memanfaatkan Media Sosial untuk hal yang negatif. Mulai dari menonton film porno serta membuat komunitas yang tidak baik, contohnya komunitas teroris Al-Qaeda misalnya, yang memanfaatkan jejaring sosial untuk berinteraksi satu sama lain.

Di tinjau dari sisi Bisnis: 

-Sisi Positif : Jejaring social bukan untuk mencari teman saja, sekarang banyak yang memanfaatkannya untuk mempromosikan usahanya bahkan menjualnya langsung,

-Sisi Negatif : Kasus penipuan dari sisi ini juga marak terjadi, jadi berhati-hatilah.

Saran Penulis : 

 –  Dari sisi Sosial : Jangan pernah percaya kepada orang yang baru anda kenal di situs jejaring sosial, apalagi dia mengajak anda untuk ketemuan. Pastikan bahwa dia adalah orang yang baik. Anda dapat menilainya dari beberapa status yang dia posting dari akunnya. Anda juga bisa menilainya dari beberapa fotonya serta teman dekat sesama temannya di jejaring sosial

– Dari sisi Seller : Jika anda ingin berbisnis di dunia jejaring sosial. Pastikan anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari barang yang anda tawarkan, mempersiapkan alat dan bahan packing pengiriman, karena pembeli mungkin cenderung dari luar kota anda. Manajemen dan cara pembayaran juga harus tersusun dengan baik agar pembeli tidak repot membeli.

– Dari sisi buyer : Jangan pernah membeli barang dari penjual yang reputasinya buruk, pastikan penjual tersebut memiliki reputasi yang baik, mempunyai kontak dan alamat yang jelas. Anda dapat menilai penjual dari testimonial para pembelinya terdahulu dan jangan sungkan untuk bertanya kepada pembeli terdahulu apakah penjual tersebut dapat di percaya serta barang yang di jual sesuai dengan yang di iklankan.

Ada baiknya anda memanfaatkan platform toko online yang sudah marak beredar saat ini yang lebih bisa dipercaya, seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan masih banyak lagi, karena dengan menggunakan platform tersebut, uang yang kamu bayar tidak langsung ke penjual, melainkan tertahan di pihak ketiga semacam perantara. Jadi jangan khawatir jika penjual mencoba ingin menipu anda dengan tidak mengirimkan barang yang anda pesan, anda dapat dengan mudah mengambil uang anda.

Mungkin segitu saja saran yang saya berikan, semoga postingan ini dapat berguna baik yang baru bergabung di situs jejaring sosial, maupun yang telah lama melintang di dunia maya. Semoga bermanfaat.

Tags
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker